Gebrakan Untuk Keberhasilan


Lewat posting-an ini aku ingin berbagi cerita tentang salah seorang kenalan mamaku yang anaknya berhasil membuktikan bahwa sebuah gebrakan yang melawan batas mampu membuat dia menjadi seorang wanita dewasa yang sukses dalam urusan karir dan percintaan, serta kehidupannya secara keseluruhan.

Perempuan yang aku bicarakan ini, aku sendiri tidak tahu namanya siapa, bertemu pun tidak pernah. Aku hanya tahu kalau dia adalah anak dari salah seorang teman mamaku ketika dulu duduk di bangku SMA. Cerita tentang dia pun aku dapatkan dari mama yang mendengar cerita tentang dia langsung dari mamanya ketika orangtua kami reunian.

Begini cerita tentangnya yang sangat berani mengambil langkah ke jalan yang berbeda hingga menemukan keberhasilannya.

Perempuan ini lahir dalam sebuah keluarga yang sama kolotnya dengan aku. Didikan yang keras dalam keluarga bukannya membuatnya menjadi seorang yang takut membantah seperti aku, dia malah menjadi seorang perempuan yang berani menentukan langkahnya sendiri hingga diakui oleh orang-orang terdekatnya, terutama kedua orangtuanya yang selama ini mengekangnya. Dia melarikan diri dari rumahnya ketika akhirnya dinyatakan lulus dari SMA. Dia memilih untuk kabur karena dia sadar, dia tidak akan bisa menjadi apa yang selama ini dia impikan jika tetap bertahan dengan kekolotan keluarganya. Dengan berbekal uang tabungannya, dia melarikan diri ke Bali dengan menggunakan kapal laut.

Awalnya, jelas tidak mudah bagi dia yang seorang perempuan yang cuma berbekal uang tabungan yang tidak seberapa untuk bertahan hidup dengan hingar bingar gemerlapnya kota Denpasar. Tapi kebulatan tekadnya membuatnya bisa bertahan tanpa terpengaruh dengan sisi negatif kota internasional ini. Dia lalu memutuskan untuk ngekos dengan sisa uang tabungan yang ada dan kemudian melamar pekerjaan di salah satu kafe. Aku nggak tahu pasti dia melamar pekerjaan sebagai apa.

Singkat cerita, dia sukses dengan pekerjaan tanpa perlu merusak dirinya karena tujuannya melarikan diri memang hanya untuk menyukseskan kehidupannya tanpa perlu mengikuti keinginan orangtuanya yang kolot. Dia pun lalu bertemu dengan jodohnya yang tidak lain adalah langganan di kafe tempatnya bekerja, seorang bule berkebangsaan Prancis.

Jangan kira kedua orangtuanya tidak khawatir ketika tahu anak gadisnya kabur. Tentu saja mereka jadi kalang kabut. Apalagi tidak ada yang tahu kemana anak mereka pergi dan perempuan ini pun tidak pernah sekalipun menghubungi orangtuanya. Dia punya cukup banyak persediaan urat malu untuk tidak menghubungi kedua orangtuanya dulu hingga dia sukses dalam pelariannya. Ketika akhirnya dia berhasil, barulah ia berani untuk menghubungi kedua orangtuanya dan bahkan datang mengunjungi keduanya bersama pria yang sekarang sudah resmi menjadi suaminya. Mungkin, saat ini, ketika aku menulis posting-an ini, mereka berdua sedang menikmati bulan madu mereka yang indah di tempat pertama kali mereka bertemu, Pulau Dewata, Bali. Dan mereka juga sudah merencanakan untuk berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari ke depan.

Well, hidup kita ini termasuk suatu hal yang paling singkat untuk kita nikmati secara utuh. Itu kalau kita tidak tahu bagaimana cara untuk menikmatinya dengan sebaik-baiknya. Dan perempuan dalam ceritaku di atas berhasil menikmati hidupnya dengan caranya sendiri, cara yang dianggapnya benar, dan terbukti mendatangkan kebaikan bagi masa kini dan, mudah-mudahan, juga bagi masa depannya.

Terkadang kita memang dihadapkan pada berbagai masalah yang mengharuskan kita memilih untuk mengambil sikap yang terbaik. Mencoba melakukan gebrakan yang, mungkin, bagi sebagian orang adalah hal yang salah, sepertinya tidak ada salahnya, asal kita tahu pasti tujuan kita dan siap menanggung segala resiko yang ada dengan lapang dada. Tidak ada pilihan yang tanpa resiko, tapi semua yang dimulai dengan niat mulia dan dilaksanakan dengan cara yang mulia pula, insya Allah akan mendatangkan hasil yang mulia pada akhirnya. Kesuksesan kita di masa kini dan masa yang akan datang tergantung dari bagaimana cara kita untuk meraihnya. Betul bukan?

2 pemikiran pada “Gebrakan Untuk Keberhasilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s