De Journal


Judul : De Journal
Penulis : Naneng Setiasih
Penerbit : NAVILA
Tebal : xxvi + 446 halaman

Aku tertarik banget membaca buku ini sejak pertama kali membaca resensi singkatnya di sebuah majalah. Buku ini berkisah tentang salah satu cita-citaku yang, kayaknya, paling sulit buat aku wujudin, backpacker-an seorang diri. Kenapa aku bilang paling sulit buat diwujudin, karena aku nggak punya biaya sendiri buat backpacker-an sampai berbulan-bulan dan aku orang yang paling penakut jalan sendirian. Hehehe😛

Hebatnya, buku ini adalah kisah nyata seorang backpacker wanita yang tak lain dan tak bukan adalah penulisnya sendiri. Selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, ia mengunjungi banyak tempat wisata yang sangat jarang diketahui oleh wisatawan domestik, tapi sangat terkenal di kalangan backpacker, khususnya bule.

Cerita di buku ini diawali dengan kisah hidup si penulis, yang dalam buku ini disebutkan sebagai tokoh Tya, yang sangat tomboy hingga ia sering dibanding-bandingkan dengan kakak perempuannya yang cantik dan sangat feminine. Apalagi setelah ia masuk di klub pencak silat dan klub pecinta alam di kampusnya, yang membuatnya banyak bergaul dengan para kaum pria, Belum lagi ia juga diterima di ITB yang mahasiswanya didominasi oleh para kaum adam. Tapi itu semua tak lantas membuatnya berkecil hati atau merasa disepelekan, ia justru bangga karena dia berbeda.

Tidak seperti perempuan lain yang mengagungkan pernikahan dan ikatan, ia lebih memilih untuk hidup bebas menyatu dengan alam. Karena kecintaannya pada alam, maka ia pun memulai perjalanannya ke berbagai tempat sebagai seorang backpacker, seorang diri. Sayangnya, karena keputusan ini, ia harus mengakhiri hubungannya dengan kekasihnya, Bayu, yang sudah lima tahun bersamanya. Selama berkeliling berbagai tempat di Indonesia, Tya sempat mengalami cinlok beberapa kali dengan para backpacker lain dan tidak tanggung-tanggung, yang naksir si penulis adalah para bule yang juga backpacker-an keliling Indonesia.

Banyak pengetahuan baru yang bisa kita dapat lewat buku ini, baik berupa informasi berbagai tempat wisata yang belum begitu terkenal namanya, tapi ternyata pesonanya sangat menakjubkan (menurut penggambaran si penulis), maupun mengenai berbagai peristiwa yang sempat terjadi di Indonesia yang selama ini mungkin kurang kita ketahui, bahkan ada sebuah kenyataan yang mengagetkan aku tentang salah satu tempat yang menjadi sasaran peledakan bom pada peristiwa Bom Bali 2002. Mau tahu tempat apa yang aku maksud? Anda penasaran? Beli dong, bukunya! Dijamin akan membuatmu makin mencintai Indonesia yang ternyata amat sangat kaya, tapi sayang selalu disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Cerita dalam buku ini juga terkadang disisipi dengan romansa si penulis dengan beberapa cowok, baik yang orang Indonesia maupun orang bule. Dan, hey, ternyata bule sukanya ama cewek yang kulitnya gelap! Hmm, sepertinya aku harus mulai untuk menggelapkan kulit nih! Hehehe😛 Teteup usaha.

Intinya, buku ini T-O-P-B-G-T. Ini salah satu buku terbaik yang pernah aku baca. Gaya penulisannya lugas dan apa adanya, jujur dan tidak berlebihan. Penuh dengan banyak ilmu pengetahuan, dapat menambah wawasan hanya dalam sekali baca. Dapat membuat tertawa, tersenyum, bahkan terharu. Buku ini juga sekaligus membenarkan pendapatku, bahwa untuk membuat perubahan dalam hidup, tidak ada salahnya kita mendobrak tradisi untuk menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Ini adalah buku yang masuh daftar must read🙂

Bagaimana kamu bisa berkembang kalau kamu terus terkungkung dalam tempurungmu?

5 pemikiran pada “De Journal

  1. sewajarnya

    Kenapa siee harus terus menerus mengagung2kan cowo o/ cewe bule??
    Ga heran kalo banyak mereka y ‘ga ngaggap’ kita…
    Orang Kitanya aja ga pede dgn fisik kita sendiri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s