Inilah ENAKnya Jadi MaBa


Pertama kali menerima pemberitahuan bahwa aku lulus SNMPTN dan diterima di English Department of Hasanuddin University, I just can asking: what will happen to me next in my first year? You know, all of freshman always scare about orientation, include me. I can’t imagine how the seniors will give many punishments for the things I’ve never done. I imagine that my days, my whole days in a year, will full with this sentence: SENIOR ALWAYS RIGHT AND WHEN SENIOR MADE MISTAKE THEN IT IS A MATTER THAT JUSTIFIED! Bagaimana aku nggak mimpiin hal yang horor-horor, coba? Belum lagi, kampus merahku yang tercinta ini terkenal banget, di seantero Indonesia, dengan para mahasiswanya yang terkenal brutal dan hobi bikin rusak apa aja yang ada di depan mata mereka. Ditambah lagi, fakultasku adalah fakultas TERbrutal kedua di red campus. Tapi semua pikiran dan pendapat nyeleneh tanpa buktiku itu terlibas habis oleh kegiatan Freshman Training Camp dan English Camp yang para seniorku adakan untuk penyambutan sekaligus pengukuhan para MaBa alias Mahasiswa Baru.

Yup, para seniorku baru saja mengadakan kegiatan FTC atau Freshman Training Camp yang bertempat di LEC Angkasa, Maros, dan EC atau English Camp yang bertempat di Taddeang, Maros. Dua kegiatan yang diadakan masing-masing selama 3 hari 2 malam ini, terhitung sejak jumat sore sampai minggu sore, benar-benar melelahkan, tapi menyenangkan. Jangan bayangkan bahwa camp yang senior adakan ini semacam pelatihan angkatan bersenjata yang main jotos sana-sini, justru camp yang aku dan teman-temanku sesama MaBa ikuti ini adalah camp pendidikan yang berfokus pada pelatihan kepemimpinan untuk menciptakan para kader-kader yang kelak akan menjadi para pengurus PERISAI-FIB (Perhimpunan Mahasiswa Sastra Inggris- Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Hasanuddin.

FTC adalah kegiatan yang menitikberatkan pada pemberian materi tentang kepemimpinan. Ada banyak banget materi yang diberikan tidak hanya oleh para dosen, tapi juga oleh para senior yang sudah sukses di bidangnya masing-masing. Beberapa di antara materi-materi itu, antara lain Mahasiswa dan Cara Berpikir Kritis, Dinamika Sosial Kampus, Dasar-Dasar Manajemen Organisasi, Kelola Konflik untuk Masyarakat Sipil, Public Speaking, etc. Honestly, aku lebih banyak nguapnya ngantuknya saat nerima materi. Hehehe😛 Bukannya membosankan atau gimana, masalahnya tidur kita yang dimiliteri oleh para senior. Bangunnya subuh-subuh, ayam aja belum pada bangun, matahari aja masih malas buat melek, eh, senior-senior udah pada gedorin pintu kamar sambil teriak-teriak nyuruh cepet bangun, ganti baju, terus olahraga pagi. Ngantuk gilak dah! Mana tidurnya tengah malam buta saat bulan bahkan udah pengen banget cepet-cepet nyungsep di balik cakrawala. Ckckck. Bener-beneran deh, ngantuknya waktu itu. Yah, nggak heranlah kalau semua MaBa, termasuk aku tentunya, berlomba-lomba untuk mendapatkan kursi di bagian belakang, supaya bisa nguap sesuka hati dan terkadang nyolong-nyolong kesempatan saat pemateri sibuk sendiri dengan laptopnya dan senior nggak ada yang merhatiin. Wkwkwk🙂

Nah, yang seru itu adalah EC. Serunya KEBANGETAN! Tempatnya di tengah hutan, di kelilingi gunung-gunung dan sungai-sungai gede. Hawanya sejuk hampir dingin, pemandangannya keren pisan euy, suasananya hutan semua. Hahaha😆 Pokoke serulah! Selama EC, aku dan teman-temanku yang lain, oleh para senior, dibagi dalam sepuluh kelompok. Masing-masing kelompok harus menemukan harta karun kami dengan menyusuri sebuah gunung gede yang udah diberikan petunjuk jalan oleh para senior tentunya. Selama menyusuri gunung itu, ada 5 pos yang harus kami lewati dengan mengemban misi rahasia, yaitu menjaha sebuah password dan nggak boleh ada senior yang tahu hingga di pos terakhir. Dari satu pos ke pos yang lain, ada aja rintangannya, kita harus melewati 3 kelompok banditlah (para senior yang nembakin kita pakai cairan berwarna dan melulur wajah kita dengan lumpur), kita juga dituntut untuk bekerjasama dalam melewati spider web yang sukses membuat tanganku keseleo sampai saat ini, harus ngikutin kata-katanya senior yang nyuruh aneh-aneh, dengerin marah-marahnya senior yang sengak abis, macam-macam musibahlah selama melakukan salah satu kegiatan di EC yang diberi nama treasure hunt ini. Tapi, inilah enaknya jadi MaBa! Kegiatan ini bukannya bikin kita sebel ama senior, malah bikin kita makin akrab ama mereka karena sebenarnya kegiatan ini justru hanya untuk lucu-lucuan sekaligus mendidik. Mau tahu apa harta karun yang kami dapatkan? Ternyata harta karun itu adalah baju angkatan kami, seperti yang terlihat di foto🙂

Selain kegiatan treasure hunt, ada juga kegiatan lainnya, misalnya out bond dan take and give. Out bond-nya memang hanya dua, hanya flying fox dan hit the ball, tapi bener-bener nyenengin banget! Aku sendiri cuma nyobain flying fox, soalnya keburu sakit perut sebelum nyobain hit the ball dan kebetulan di saat yang bersamaan hujan turun tanpa ampun derasnya. Teman-teman yang lain sih, tetap ngotot buat main, aku lebih milih nyungsep di matrass deh! Bagaimana rasanya naik flying fox untuk pertama kalinya? TAK TERKATAKAN! Asik banget, seru banget, rasa pengen lagi!

Lain lagi kalau soal take and give. Deg-degannya bukan karena ngarep dapat hadiah atau nggak (aku sih, udah tahu pasti bakal dapat dari si doski🙂 ), tapi karena penasaran gitu lho, siapa aja teman-temanku yang punya PD super duper tinggi untuk nembak sang pujaan hati, entah itu senior atau teman seangkatan. Atau justru sebaliknya, ada senior yang nembak MaBanya atau temannya sendiri. Ternyata, pada cemen semua. Nggak ada yang berani buat nyatain perasaannya, padahal semua yang ada di acara take and give udah pada tau siapa aja yang suka ama yang ini dan siapa aja yang udah saling suka. Well, tergantung orangnya juga sih, pengen terekspos atau nggak😉

Ini nih, foto-foto selama EC di Taddeang, Maros. Colorfull dan lumpur-full. Hehehe😛

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

WISHKEY 2010

 

 

Apaan sih?

Yoyoyo Huhuhuy

4 pemikiran pada “Inilah ENAKnya Jadi MaBa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s