Poconggg Juga Pocong


Judul: Poconggg Juga Pocong
Penulis: @Poconggg
Penerbit: Bukune
Tebal: vi + 142 halaman
Cetakan Pertama: Juni, 2011

Warga negara Indonesia mana yang tidak mengenal yang namanya pocong. Sesosok setan yang terbungkus kain kafan dan dalam film-film Indonesia selalu digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan. Tapi, sosok pocong yang menjadi penulis buku berjudul Poconggg Juga Pocong ini justru tidak seperti pocong kebanyakan, karena dia adalah setan gagal. Kenapa gagal? Karena tidak ada yang takut padanya dan malah semua orang yang tahu tentangnya senang mencelanya.

Berawal dari sebuah akun twitter yang bernama @Poconggg, hampir semua orang di Indonesia yang memiliki akun twitter, terutamanya para remaja, mengenal sosok setan konyol ini. Setan satu ini seakan tidak pernah kehabisan ide untuk melucu bagi para followers-nya di twitter. Belum lagi, para followers-nya juga tidak pernah kehabisan ide untuk mencelanya yang justru menjadi sebuah hal yang lucu bagi banyak orang yang membaca tiap statusnya, meskipun terkadang kata-kata yang dilontarkan Poconggg agak kasar, tetap saja itu lucu bagi para penggemarnya.

Karena kelucuannya itulah, banyak orang mulai mendorong si pemilik akun @Poconggg, yang entah siapa, untuk membuat buku hasil buah karya tangannya sendiri. Buku ini sendiri memuat berbagai cerita lucu, yang katanya berasal dari kesehariannya sebagai setan pocong. Mulai dari penjabarannya mengenai perbedaan Poconggg dan pocong, sampai kisah cintanya dengan sejenis alias sesama setan. Ada juga beberapa bagian yang menurut saya agak kritis, terutamanya mengenai perfilman Indonesia yang saat ini marak memutar film-film porno berbau horor yang beberapa di antaranya juga menampilkan sosok pocong. Sikap kritis penulis buku ini berhasil ditampilkannya justru lewat lawakan yang sangat alami, tidak dibuat-buat.

Kelucuan Poconggg, yang menjuluki dirinya sendiri sebagai setan gagal dan dijuluki oleh para penggermarnya sebagai jomblongenes, sudah dimulai sejak bab awal bukunya. Misalnya saja pengalaman Poconggg yang sedang diuji oleh temannya sesama setan yang bernama Anjaw, pocong gang sebelah. Anjaw menantangnya untuk bergentayangan di sebuah perumahan yang katanya bila ada pocong yang dapat keluar dengan selamat maka pocong itu adalah pocong yang hebat. Merasa tertantang dan penasaran, Poconggg pun mengiyakan tantangan Anjaw. Ternyata, Poconggg tidak bisa keluar dari perumahan itu. Bukan karena perumahan itu penuh dengan ustad, seperti dugaan awal Poconggg, tapi karena di perumahan itu ada portal jalan yang posisinya nanggung. Jika Poconggg memilih untuk meloncatinya, maka dia tak mungkin bisa. Jika Poconggg ingin berguling di bawahnya, lalu bagaimana caranya bangun lagi. Poconggg pun galau hingga akhirnya pingsan karena dilihat oleh seorang anak kecil. Kutipan dari bukunya ada di bawah:

“Awalnya sih gue santai-santai aja. Sewaktu masuk ke kompleks, gue ngga ngeliat tanda-tanda bakal nemuin kesulitan di daerah ini. Pas mau pulang, keadaannya berubah. Ternyata portal jalannya udah ditutup.

TERNYATA PORTAL JALANNYA UDAH DITUTUP!!!”

Sengaja diulang biar makin tegang.

Anjrittttt!!!  Anjaw brengsek!!!!  POCONG KAMPREEEEET!!!!

Gue mulai panik!

Posisi portalnya kentang banget. Nggak tinggi, tapi juga ngga pendek-pendek amat. KALAU GUE LOMPATIN udah pasti ngga bakal nyampe. KALAU GUE GELINDING lewat bawah, lebih ngga mungkin lagi. Pocong dari lurah mana yang bisa bangun sendiri dari posisi rebahan? Ngga Ada! Berdiri tanpa bantuan adalah hal yang mustahil buat pocong. KALAU PORTALNYA GUE ANGKAT… ya, lo pikir aja sendiri… gimana caranya?

Sumpah, gue panik.

Buku ini bisa dikatakan sebagai buku yang fenomenal. Hanya dalam beberapa jam penyebarannya di beberapa toko buku di Jakarta, buku ini sudah ludes, habis! Bahkan sampai hari ini, detik ini, ketika saya menuliskan posting-an tentang buku Poconggg Juga Pocong ini, buku ini masih menjadi incaran para remaja penggemar Poconggg. Big applause for you, Poconggg:mrgreen:

Well, bagi yang penasaran dan tertarik membaca buku Poconggg Juga Pocong ini, silahkan segera menuju ke toko buku terdekat, kalau tidak ngantri, ya harap menunggu hingga bukunya ada lagi. Saya pun begitu😦

4 pemikiran pada “Poconggg Juga Pocong

  1. buku pocong tuw critanya ngakak” .. temen gwe ada yang punya tuwh ., pngen dapetin bukunya tapi gratis😀 ..

    and please views my blog @
    sentelentew.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s